Selasa, 28 Februari 2012

Tugas Marketing Management

1. Jelaskan sebuah organisasi (profit maupun non-profit) yang menurut Anda telah menerapkan strategi pemasaran yang unik dan baik!

a. Aqua, menurut saya adalah sebuah perusahaan yang memiliki kreatifitas yang baik dalam hal pemasaran. Perusahaan ini berjalan di bidang minuman. Produk dari perusahaan ini adalah air mineral kemasan dalam berbagai ukuran yang selama ini banyak membantu manusia memenuhi kebutuhan minumnya.

b. Menurut saya segementasi dari perusahaan ini adalah siklus kehidupan keluarga. Dan targetnya adalah anak-anak, remaja, serta masyarakat dewasa. Perusahaan ini memasarkan produknya kepada semua golongan masyarakat.

c. Strategi pemasarannya sendiri sangatlah menarik, ia melakukan cara yang baik dalam hal pemasarannya dan mudah untuk di ingat oleh semua pelanggannya. Karena targetnya adalah masyarakat luas maka iklannya sendiri lebih banyak memakai unsur alam sebagai backgroundnya. Oleh karena itu produk Aqua dapat berkembang pesat di Indonesia.

d. Menurut saya kekurangan dalam strategi pemasarannya hampir nihil, karena semua yang di lakukan oleh pihak pemasaran Aqua sudah baik. Satu-satunya kekurangannya hanyalah tidak adanya perkembangan dari produk Aqua itu sendiri. Itulah yang menurut saya harus sedikit di perbaiki oleh pihak Aqua.

2. a. Jika saya berkesempatan untuk terjun ke dunia usaha, maka saya akan memilih bidang olahraga. Karena olahraga merupakan sebuah kegiatan penting bagi seluruh masyarakat dan akan selalu dilakukan sampai kapanpun.

b. Produk-produk yang akan saya hasilkan adalah berbagai macam perlengkapan olahraga yang mudah untuk digunakan di dalam ruangan dan efisien, tidak memerlukan waktu yang banyak dalam berolahraga tetapi memiliki banyak keuntungan.

c. Saya memilih bidang olahraga karena olahraga termasuk suatu kebutuhan wajib bagi manusia agar dapat hidup sehat dan dan tetap bugar. Dan bidang ini akan terus dilakukan orang secara berkelanjutan. Akan banyak inovasi-inovasi yang lahir dalam bidang ini sehingga produk yang nantinya saya ciptakan akan terus dipakai oleh masyarakat luas.

d. Segementasi pyang saya pilih adalah pekerjaan. Sedangkan target pasarnya adalah para pebisnis yang sibuk serta para pelajar-pelajar tingkat akhir yang tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga.

e. Menurut saya, saya tidak akan memakai strategi pemasaran yang sama dengan organisasi yang ada di atas karena berbeda bidang dengan saya. Saya akan memakai cara sendiri yang akan meningkatkan minat pelanggan terhadap produk saya dengan cara yang berbeda.

Sekian tugas Marketing Management saya, semoga hasilnya dapat diterima dengan baik. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar